Tips Baterai Tepat Sistem PLTS

30 November, 2012 • Posted by admin in Komponen, Panduan, PLTS, Tip n Trik • • 2 comments  
Vision 6FM100D-X

Vision 6FM100D-X

Baterai merupakan salah satu komponen utama dalam sistem PLTS yang memegang peranan penting sebagai sumber listrik, yang apabila lemah/soak sering kali menjadi penyebab terganggunya sistem PLTS, bahkan dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya, baik dalam aplikasi SHS maupun dalam aplikasi Lampu Jalan Tenaga Surya – PJUTS.

Mengapa Battery VLRA…
Kami merekomendasikan penggunaan battery tipe VLRA dalam sistem PLTS, selain bebas perawatan (Maintenance Free), karena battery tipe ini memiliki katup untuk pertukaran gas sehingga suhu didalam battery akan tetap terjaga dan umur (Lifetime) battery akan maksimal.

Meskipun harga Battery VLRA lebih mahal dari aki basah (Battery Asam Timbal) tetapi umur pakai baterai lebih lama hingga 1 tahun lebih, dengan sistem pengisian dan beban yang sesuai dengan kapasitas battery.

Penggunaan battery yang tepat, akan meminimalkan inspeksi perawatan berkala (Maintenance) yang kadang menyulitkan, terutama pada lampu penerangan jalan, karena letaknya yang sulit dijangkau.

Tips Perawatan Battery
JAGALAH KEBERSIHAN AKI

  • Bersihkan terminal aki bila kotor atau berkarat dengan lap basah dan bubuhkan vaselin/Oli pelumas. Terminal yang kotor / berkarat, akan berakibat hilangnya arus listrik.
  • Berikan vaseline / Oli pelumas pada terminal Aki agar tidak mudah berkarat.

MENAMBAH MUATAN LISTRIK ATAU PENYETRUMAN ULANG
Aki / baterai harus selalu dijaga dalam keadaan bermuatan listrik. Karena berbagai gangguan seperti sulfatasi, akan terjadi jika aki di diamkan lama,,.. Misalkan sistem pengisian rusak atau bila disimpan untuk waktu yang lama dalam keadaan tidak bermuatan listrik. ( discharge ).

Untuk memeriksa keadaan muatan listrik dapat ditentukan dengan memasang bohlam lampu 12 Volt atau klakson ex kendaraan. Jika lampu redup atau klakson lemah, maka arus aki dalam keadaan lemah/soak dan perlu diisi muatan listrik (Recharge).

Rekomendasi baterai yang di gunakan:

  • Baterai Vision
  • Baterai Panasonic
  • Baterai GForce

 

 
© SolarSuryaIndonesia 2012-2014, All rights reserved.