Hotline: (021) 5656013 - 0812 8777 9900
E-mail: sales@solarsuryaindonesia.com

Senin-Jumat: 10:00-17:00 Sabtu-Minggu/Libur: Offline


Find us:                                 

Kemkominfo: Mobil Unit Bencana (MUB) PLTS

1 January, 2013 • Posted by admin in Aplikasi, Ide Solusi, News, PLTS, Tip n Trik • • Comments Off  
Mobil Unit Bencana

Mobil MUB KomInfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) memperkenalkan prototipe Mobil Unit Bencana (MUB). Yang menarik dari Mobil – MUB ini, diaplikasikannya sistem pembangkit listrik tenaga matahari/surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan energi listrik pada perangkat komunikasi komputer di dalamnya,..

MUB bertujuan untuk mengantisipasi putusnya sistem telekomunikasi dan aliran listrik saat terjadi bencana, berfungsi sebagai kantor dan pusat komunikasi darurat dalam 47 jam pertama yang diharapkan dapat membantu dalam penyebaran informasi secara up to date, melalui media komunikasi selular dan Internet.

Mobil KemKomInfo

Aplikasi berbasis PLTS

Untuk mendukung operasional, MUB dilengkapi dengan berbagai perangkat teknologi yang mempuni, diantaranya komunikasi satelit VSAT yang mendukung mobile Wi-Fi/Hotspot, 2 PC smart Touch, Printer & Fax, LCD TV, speaker,  mixer, mikrofon, sebagai sarana informasi media audio dan visual… Serta lampu penerangan berbasis LED

Untuk sistem daya MUB dibekali tiga sumber listrik, yaitu PLN dan Genset sebagai sumber daya cadangan, dan PLTS sebagai sumber daya utamanya… PLTS dibangun menggunakan Solar panel dengan total daya 1650WP yang dipasang pada sisi-sisi dan atap kendaraan, dan dikonversi melalui Inverter untuk menyediakan energi listrik 220 volt setara PLN untuk seluruh perangkat elektronik yang dapat digunakan secara bersamaan selama 35 jam… meskipun tidak terdapat sinar matahari,..

Mobil KemKomInfo

Solar Panel pada sisi MUB

Ketika dilakukan pengujian dengan mengoperasikan semua unit perangkat, tertera kebutuhan total daya sebesar 320watt/jam yang seluruhnya disupplay dari sistem PLTSnya.

Mobil yang dioperasikan oleh lima personil ini memiliki spesifikasi khusus, di mana dua personil bertindak mengoperasikan kendaraan dan menguasai teknis dari MUB, kemudian satu personil bertindak sebagai reporter yang melaporkan peristiwa, dan dua personil lainnya berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan instansi terkait lainnya.

Saat ini Mobil Unit Bencana (MUB) masih dalam tahap prototipe dan uji coba,.. Kominfo melalui Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) akan terus mengembangkan armada ini dan akan didistribusikan ke sejumlah daerah di Indonesia yang dikategorikan sebagai daerah rawan bencana.

Mobil Unit Bencana (MUB) dapat dijadikan salah satu contoh pemanfaatan sumber alam untuk menghasilkan energi listrik alternatif yang ramah lingkungan dan bersahabat…

Ilustrasi Komunikasi Mobil Siaran

Kendaraan Pelayanan Masyarakat

Mobil Siaran TV

 
Head Office: Komp Ruko Green ville Blok A No.1-2
Jl. Tanjung Duren Barat I, Kepa Duri - Jakarta Barat 11510.
© SolarSuryaIndonesia 2012-2015, All rights reserved.