Hotline: (021) 5656013 - 0812 8777 9900
E-mail: sales@solarsuryaindonesia.com

Senin-Jumat: 10:00-17:00 Sabtu-Minggu/Libur: Offline


Find us:                                 

Lampu LED Hemat Energi

1 December, 2012 • Posted by admin in Ide Solusi, Informasi, Komponen, Teknis • • 1 comment  

Kata LED (Light Emitting Diode – dioda cahaya) yaitu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Gejala ini termasuk bentuk elektroluminesensi, warna yang dihasilkan bergantung pada bahan semikonduktor yang dipakai, dan bisa juga ultraviolet dekat atau inframerah dekat.

Lampu LED memiliki beberapa keunggulan dari lampu konvensional yang sebelumnya kita gunakan (neon,bohlam dan lainnya) yaitu konsumsi listrik yang kecil dan lifetime yang panjang, sehingga lampu Led layak disebut sebagai lampu masa depan dan mulai digunakan dari sekarang.

LED bekerja pada arus searah – DC, umumnya berkisar 2-3VDC.. karakteristik chip LED pada umumnya adalah sama dengan karakteristik diode yang hanya memerlukan tegangan tertentu untuk dapat beroperasi. Namun bila diberikan tegangan yang terlalu besar, LED akan rusak – terbakar.

AC – DC LED Driver

Rangkaian LED dapat didesain dengan cara menyusun LED dalam kombinasi seri – paralel, namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah tegangan yang diperlukan seluruh LED dalam rangkaian tadi. Bila sumber tegangan tidak cukup/kurang, maka beberapa LED akan tidak menyala atau redup.. Sebaliknya, bila tegangan yang diberikan terlalu besar akan berakibat kerusakan pada LED yang mempunyai tegangan maju relatif rendah… Untuk itu rangkaian LED tadi ditambahkan sirkuit pengontrol yang dikenal dengan istilah LED Driver.

LED Driver berfungsi sebagai regulator penstabil tegangan untuk mengatur efisiensi berbanding intensitas cahaya pada LED, tergantung pada mutu dan kwalitas,  led driver yang baik dapat memaksimalkan usia pakai pada lampu led.

Beberapa Keuntungan menggunakan lampu Led daripada lampu neon / pijar :

  1. Dengan menggunakan lampu LED kita bisa menghemat tagihan listrik karena lampu pijar hanya bisa mengubah sekitar 8 % dari konsumsi listrik yang digunakan menjadi cahaya. Bandingkan dengan lampu LED yang bisa mengubah dua kali lipatnya yaitu sekitar 15-25% .
  2. LED menghasilkan panas lebih sedikit. Dengan begitu selain hemat konsumsi listrik dari lampu juga hemat untuk konsumsi lsitrik pendingin.
  3. Panas yang dihasilkan lampu yang sering kita gunakan selain tidak nyaman untuk mata juga bisa merubah warna dekorasi rumah. Apabila menggunakan Lampu Led hal tersebut bisa dihindari karena kualitas dari pencahaan lampu dan manajemen panas LED lebih baik.
  4. Lampu LED bebas dari bahaya merkuri jadi sangat aman digunakan dimana saja.
  5. Lampu LED jauh lebih tahan lama, 60 kali dari lampu pijar dan 10 kali dari lampu neon.
  6. Lampu LED memiliki desain yang elegan, bahkan bisa memperindah interior di ruangan.

LED Light Buld

Dari segi harga, Lampu CFL kualitas bagus 8 Watt adalah sekitar Rp. 28,000. dan harga lampu LED 3 Watt adalah sekitar Rp. 80.000. Jadi harga lampu LED kurang lebih 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan lampu CFL sedangkan daya tahan LED lebih lama 6 kali.

Lampu LED memiliki lifespan lebih dari 35.000 jam, bandingkan dengan lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) yang hanya 6.000 jam. Dengan penggunaan energi yang lebih kecil, penawaran yang sangat menarik. Lampu CFL 8 Watt setara dengan lampu LED 3 Watt.

Standar lampu CFL yang efisien memiliki 14 – 17 Lumens / Watt (Lumens adalah ukuran cahaya oleh mata manusia). Lampu LED memiliki 60 – 100 Lumens / Watt. Dengan lampu LED 3 Watt x 60 Lumens = 180 Lumens, 8 Watt CFL x 17 Lumes = 136 Lumens.

Lampu LED juga dapat dioperasikan menggunakan arus bolak balik (Alternating Current) 100 – 240 Volt (listrik untuk rumah). Untuk itu lampu LED memiliki sirkuit internal (LED Driver) untuk mengubah AC menjadi DC sekaligus penstabil tegangan. Dari konversi tersebut dihasilkan panas, yang disalurkan dengan sirip-sirip pendingin heatsink pada framenya.

 
Head Office: Komp Ruko Green ville Blok A No.1-2
Jl. Tanjung Duren Barat I, Kepa Duri - Jakarta Barat 11510.
© SolarSuryaIndonesia 2012-2015, All rights reserved.